39 Tanggapan Survei, Terima Kasih!

Saat ini tercatat lebih dari 180 orang dari lebih dari 50 organisasi dan komunitas yang berusaha dijangkau dalam jejaring Indonesia Inklusi. Berbagai upaya mengurangi dampak COVID-19 bermula hampir serempak di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia.

Banyak mitra Voice Indonesia dan para pemegang hak yang sudah menginisiasi kegiatan untuk meringankan dampak COVID-19. Kegiatan yang tercatat oleh kami di antaranya pengumpulan dan penyaluran bantuan sembako dan pelindung diri seperti masker dan sabun cuci tangan, penyebaran informasi, dukungan konseling, hingga mengupayakan selalu terlibat dalam diskusi perencanaan dan antisipasi skenario terburuk.

Kelompok dan komunitas yang terhubung dengan mitra-mitra Voice adalah prioritas juga bagi jejaring Indonesia Inklusi. Karena itulah EngageMedia mengirimkan survei untuk mencari tahu, apa saja tema yang bisa menghubungkan kita di masa penuh tantangan seperti sekarang.

Karena hampir ambruknya sistem layanan kesehatan dan ketiadaan perlindungan pemerintah terhadap tenaga kesehatan, EngageMedia memperhitungkan akan sulit mengharapkan kegiatan saling terhubung dan belajar skala nasional bisa terealisasikan tahun ini.

Maka, tema-tema yang bisa menghubungkan kita ini, kami bayangkan sebagai upaya menyeimbangkan aksi-aksi humanis dengan penguatan solidaritas.

Beberapa tema yang muncul dalam survei, antara lain:

  • Mendiskusikan skenario advokasi berbagai isu kelompok pemegang hak di masa COVID-19
  • Membangun dan menguatkan jejaring dan sistem swadaya masyarakat yang selama ini dipakai dan berjalan baik
  • Merancang dan merealisasikan dukungan bagi kesehatan mental pekerja sosial dan Human Rights Defender
  • Mengulas kembali berbagai kebijakan negara tentang penanganan bencana atau krisis nasional, khususnya pengaruhnya pada perlindungan kelompok marjinal dan sektor reformasi keamanan

Selanjutnya, kami akan menghubungkan beberapa mitra Voice yang sebelumnya terlibat dalam kelompok-kelompok praktik. Upaya menghubungkan mitra Voice ini bertujuan membangun sistem kolaborasi responsif, sebelum kegiatan terhubung dan belajar di tahun 2020 diselenggarakan.

Sekali lagi, terima kasih telah mengisi survei, tetap menjaga kondisi fisik, dan mari saling mengingatkan orang-orang di sekitar kita tentang pentingnya menjaga nilai-nilai keadilan yang inklusif.

Ikon oleh Amy Domingo – Pushpin Visuals