Peluncuran Website indonesiainklusi.id

Yogyakarta, 11 Maret 2020—Website indonesiainklusi.id yang merupakan inisiasi jaringan Indonesia Inklusi dalam program Voice telah di launching pada hari Rabu tanggal 11 Maret 2020. Launching ini di fasilitasi oleh EngageMedia dan mengundang berbagai organisasi dan tidak terbatas pada organisasi yang mengikuti program Voice. Launching website ini fokus pada tujuan utama dibentuknya jaringan Indonesia Inklusi ini adalah sebagai wadah dan sarana pembelajaran lintas organisasi. Oleh karenanya, berbagai organisasi yang hadir pada acaranya launching ini ini tidak terbatas hanya untuk organisasi yang yang tergabung dalam program Voice, tapi juga untuk berbagai organisasi yang memiliki ketertarikan dalam isu-isu yang berkaitan.

Dok. Pribadi- Sesi Perkenalan

Dok. Pribadi- Sesi Perkenalan

Organisasi-organisasi yang hadir meliputi Gerkatin D.I. Yogyakarta beserta penerjemah bahasa isyarat, SAPDA Yogyakarta, Yayasan Annisa Swasti (YASANTI), Yayasan Teater Garasi, Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKiS), Indonesian Visual Art Archive (IVAA), Pusat Kajian Anti Korupsi UGM (PUKAT UGM), BISA Indonesia, dan beberapa rekanan pekerja sosial lainnya. Berbagai organisasi yang hadir ini memiliki fokus kegiatan yang berbeda-beda namun sama-sama memiliki ketertarikan untuk mengetahui potensi di dalam jaringan Indonesia Inklusi. Khususnya, peluang yang bisa dikolaborasikan melalui platform digital indonesiainklusi.id.

Dok. Pribadi–Sesi Diskusi Media Inklusif dan Partisipatoris

Dalam kegiatan launching indonesiainklusi.id, para peserta diajak untuk memperkenalkan diri beserta organisasi dan kegiatan yang sedang dikerjakan. Ini menjadi sarana untuk saling mengetahui tujuan dan potensi-potensi kolaborasi yang dapat digali. Setelah itu, Yerry Borang dari EngageMedia yang merupakan fasilitator kegiatan ini mengajak para peserta dalam diskusi terkait penggunaan media dan penciptaan konten yang inklusif dan partisipatoris. Dia juga menjelaskan bagaimana website indonesiainklusi.id, selain menjadi website penyampai kabar dan wadah berbagai informasi bagi jaringannya, website ini juga memberikan wadah interaksi yang ramah bagi anggotanya. Wadah interaksi ini diwujudkan dalam fitur Forum, yang merupakan fitur yang sudah ada di dunia digital sejak lama. Fitur ini dipilih karena memberikan fasilitas interaksi dan monitoring yang dapat dilakukan secara bersama-sama.  Hal ini dapat dilaksanakan karena dalam forum, moderator diberikan secara bergantian secara berkala antar tiap organisasi. Moderator ini bertugas untuk mengawasi posting dan konten yang melanggar ketentuan forum yang telah disepakati bersama.

Dok. Pribadi–Sesi Pengenalan Website dan Fungsinya

Selain itu, kawan-kawan dalam jaringan Indonesia Inklusi yang tidak dapat menghadiri acara launching offline ini diberikan kesempatan untuk mengikuti perkembangan terkait platform digital ini melalui fitur forum yang telah disediakan. Harapan kedepannya, jaringan yang saat ini telah terbentuk dapat aktif berinteraksi lintas organisasi salah satunya menggunakan platform ini. Dari interaksi ini, proses pembelajaran lintas organisasi dapat terjadi. Selain itu, jaringan Indonesia Inklusi ini akan memperluas jangkauan jaringannya agak dapat membuka peluang kolaborasi lebih besar lagi.