Belajar Media Inklusi di Lab Media 2020 Yogyakarta

Yogyakarta, 4-6 Maret 2020– Lab Media yang di inisiasi oleh berbagai organisasi (SAPDA Yogyakarta, Remotivi, EngageMedia, Yayasan Teater Garasi, dan Festival Film  Dokumenter/FFD Yogyakarta) telah mengadakan lab media pertama di tahun 2020. Lab Media merupakan sebuah kegiatan yang fokus melakukan eksperimen tentang media. Berbagai aspek dalam sebuah media menjadi bagian yang dikaji dan selain itu juga terdapat proses pembuatan sebuah konten media. Tahun 2020 ini, Lab Media mengusung tema Media Inklusif dan bertujuan untuk membahas bagaimana proses penciptaan media yang lebih inklusif bagi semua penikmatnya.

Di hari pertama, kawan-kawan dari organisasi SAPDA Yogyakarta, Remotivi, Yayasan Teater Garasi, Festival Film Dokumenter (FFD) Yogyakarta, Imparsial, PKBI Jawa Tengah, dan Difabel Blora Mustika (DBM) di fasilitasi oleh EngageMedia, membahas tentang konsep media yang aksesibel terhadap semua kalangan. Ada tiga bagian penting yang perlu diraih untuk mewujudkan aksesibilitas ini. Satu, sebuah media harus menyediakan segala bentuk fasilitas bagi semua kalangan, contohnya fasilitas pembaca teks bagi kawan-kawan netra dan fasilitas subtitle bagi kawan-kawan Tuli. Dua, media sebaiknya menghindari penggunaan jargon-jargon atau istilah-istilah yang hanya dipahami oleh beberapa kelompok golongan saja. Tiga, media selayaknya menyajikan interaksi yang ramah dalam platformnya bagi orang-orang yang mengakses media tersebut.

Dok. Pribadi Diskusi difasilitasi oleh Juru Bahasa Isyarat

Dok. Pribadi Diskusi difasilitasi oleh Juru Bahasa Isyarat

Di hari kedua, kawan-kawan peserta diajak untuk mengikuti aktifitas yang fokus pada proses penciptaan karya dan konten. Salah satu aktifitas yang fokus pada proses kreasi adalah aktifitas yang difasilitasi oleh Mas Cindil dari Yayasan Teater Garasi.Pada sesi itu, kawan-kawan peserta diajak untuk berlatih menjadi storyteller melalui benda-benda di sekitarnya. Selain sesi tersebut, terdapat juga sesi ekplorasi gawai/ gadget dimana para peserta diajak untuk menggunakan berbagai perangkat perekaman mulai dari audio, audio-visual, dan teks serta mengekplorasi proses pembuatan konten yang sesuai dengan tujuan masing-masing organisasi.

Dok. Pribadi Proses Penciptaan Karya Teater Garasi

Dok. Pribadi Proses Penciptaan Karya Teater Garasi

Di hari terakhir, para peserta memfasilitasi kegiatan mereka masing-masing dengan tujuan agar kawan-kawan bisa menyusun peluang kerjasama dan kolaborasi lintas organisasi. Segala rangkaian Lab Media ini merupakan bagian dari bentuk kegiatan belajar bersama dalam jaringan Indonesia Inklusi. Berbagai kegiatan dalam Media Lab diharapkan dapat berkontribusi dalam proses pengembangan website jaringan indonesiainklusi.id.