Tentang Kami

Di Indonesia, berbagai kelompok masyarakat seperti kelompok masyarakat dengan disabilitas, perempuan rentan, masyarakat adat, kaum muda, mengalami diskriminasi dan sangat sering tidak mendapatkan akses layanan sosial dan dipinggirkan dari mekanisme partisipasi politik. Banyak dari kelompok-kelompok marjinal ini terasing dari masyarakat luas dan dibatasi gerak, partisipasi dan sumbangsihnya yang lebih bermakna; ini semua berujung pada meluasnya ketimpangan dan ketidakadilan sosial, politik dan ekonomi.

Jaringan Terhubung dan Saling Belajar mencoba membangun jaringan dengan proses saling belajar dimana website ini juga salah satu alat untuk memfasilitasi ruang dimana kelompok masyarakat terpinggirkan dapat mencoba menempuh cara-cara yang kreatif dan mengubah aspirasi mereka menjadi tindakan yang memiliki dampak sosial yang nyata. Jaringan ini sendiri terbentuk perlahan dari pergaulan sesama penerima hibah Voice Linking and Learning yang menjadikan metodologi partisipasi dan sharing pengetahuan dari berbagai kelompok masyarakat terpinggirkan dengan membantu mereka untuk memproduksi konten atau muatan mereka sendiri dan bekerja dengan mereka untuk mengembangkan sebuah strategi bagaimana mendistribusikan konten mereka secara aman dan tepat sasaran.

Apa itu Terhubung dan Saling Belajar (Linking and Learning)

Hal ini adalah semacam proses yang memungkinkan berbagi pengalaman dan pelajaran dari berbagai inisiatif secara inovatif. Dengan demikian, proyek ini sendiri memiliki pendekatan dimana yang berhasil makin dan semakin meningkat kapasitasnya. Dalam proses ini sendiri, semuanya belajar dari kesalahan (dalam beberapa kasus kegagalan) dan terbuka untuk solusi yang membawa kita melampaui zona nyaman kita.

Di dalam Voice, semua aktivitas bertujuan untuk memastikan agar proses dan lintasan menuju peningkatan kolaborasi, pertukaran, pembelajaran, inovasi, dan penerapan pengetahuan baru. Linking and Learning bertujuan untuk menjadi katalis bagi perubahan transformatif untuk kelompok yang paling terpinggirkan dan terdiskriminasi.

Target group Linking and Learning sendiri:

Kelompok adat dan etnis minoritas.
Kelompok rentan yang didiskriminasi usia, terutama yang muda dan yang tua
Perempuan menghadapi eksploitasi, pelecehan dan / atau kekerasan
Golongan masyarakat yang terkait disabilitas