Asia Justice and Rights (AJAR) adalah organisasi nirlaba yang berlokasi di Jakarta, Indonesia. AJAR bertujuan memberikan kontribusi untuk penguatan hak-hak asasi manusia dan kebebasan.

Fokus AJAR terletak pada negara-negara yang terlibat dalam transisi dari konteks pelanggaran HAM massal ke demokrasi, di mana ia berupaya membangun budaya berdasarkan akuntabilitas, keadilan, dan kesediaan untuk belajar dari akar penyebab pelanggaran massa HAM untuk membantu mencegah terulangnya kembali pelanggaran hak asasi manusia yang disetujui negara.

AJAR percaya bahwa pemerintah dan masyarakat sipil di Asia yang mengakui bahwa memerangi impunitas dan membangun mekanisme yang kuat untuk mencapai akuntabilitas dan penghormatan kepada para korban adalah fondasi penting bagi perdamaian dan kesejahteraan. Dalam konteks ini, negara-negara Asia akan diakui secara internasional sebagai pemimpin dalam menghadapi pelanggaran masa lalu yang berani dan jujur, menggunakan proses ini untuk membangun masyarakat baru berdasarkan prinsip-prinsip universal hak asasi manusia.

Misi AJAR adalah untuk meningkatkan kapasitas aktor lokal dan nasional, khususnya organisasi korban, dalam memerangi impunitas yang telah berurat berakar, dan berkontribusi untuk membangun budaya berdasarkan akuntabilitas, keadilan dan kemauan untuk belajar dari akar penyebab pelanggaran massa HAM di Asia.