Mohon Perhatian Anda – COVID 19 [2]

Diterjemahkan dari Important message- COVID 19, 2nd Update 1 April 2020

Sejak pesan terakhir kami pada 18 Maret, kami sedikit-sedikit mendengar bagaimana kabar Anda, para mitra kami, seiring pandemi ini; dampaknya pada kehidupan pribadi Anda, di tingkat organisasi, hingga pengaruhnya proyek-proyek yang bekerja sama dengan Voice. Beberapa mitra telah meminta penyesuaian waktu untuk tenggat pengiriman laporan naratif dan keuangan, ada juga yang mengajukan perpanjangan waktu pelaksanaan kegiatan (no cost extension).

Anda juga telah memberi tahu kami tentang berbagai pembatalan, penundaan, dan penjadwalan ulang acara dan pertemuan yang akan datang. Beberapa orang bahkan telah mengajukan pertanyaan:

“Apa yang akan terjadi pada hibah kami jika kami tidak dapat melakukan kegiatan selama minggu-minggu berikutnya dan bahkan mungkin berbulan-bulan?”

Voice tidak akan meninggalkan Anda selama masa sulit ini. Hibah Anda tidak akan ditarik atau dibatalkan, karena situasi ini di luar kendali kita semua. Komitmen kami pada Anda -untuk mendukung kerja-kerja pemberdayaan komunitas dan upaya mempengaruhi kebijakan- tidak berhenti karena pandemi. Sebaliknya, krisis ini semakin mengekspos perlunya pekerjaan Anda terus berlanjut. Dampak dari strategi sosial (atau lebih tepatnya fisik), penguncian, dan karantina masyarakat, pasti berbeda-beda untuk setiap warga negara. Bahkan, komunitas marjinal akan menanggung beban lebih berat dalam upaya penanggulangan virus.

Maka, kami ingin mengetahui bagaimana mendukung Anda selama masa-masa yang tidak pasti ini.

Mohon beritahu kami:

  • Apakah Anda ingin berfokus pada dokumentasi proyek Voice dan penulisan laporan untuk saat ini?
  • Apakah Anda ingin mengubah kegiatan untuk meringankan dampak COVID-19 pada kelompok pemegang hak/komunitas dampingan?
  • Apakah Anda ingin mengalihkan rapat fisik -yang direncanakan dalam proyek Anda- ke pertemuan daring (online), dan karenanya perlu memperkuat keterampilan fasilitasi Anda dan / atau kapasitas bekerja dengan perangkat elektronik dan sistem digital?
  • Apakah Anda ingin mendalami dan meneliti apa dampak COVID-19 pada komunitas Anda, kemudian menggunakan informasi atau data tersebut untuk mengubah arah kebijakan pemerintah?

Silakan bagikan ide-ide Anda dengan tim Voice di negara Anda. Mereka juga akan menghubungi Anda sesegera mungkin. Meskipun Voice tidak mendukung bantuan langsung atau upaya kemanusiaan, tanggapan Anda akan membantu kami membaca situasi, khususnya untuk membicarakan keadaan para mitra pada Kementerian Luar Negeri Belanda.

Kami telah terinspirasi oleh kreativitas dan pemikiran cepat yang ditunjukkan oleh beberapa mitra, di antaranya:

  • San Julian Pride dari Filipina berencana untuk mengubah telepon kantor mereka menjadi hotline COVID-19. Mereka akan memberikan informasi / kabar termutakhir tentang virus, juga dukungan psikososial kepada mereka yang merasa terisolasi karena jarak sosial.
  • Street Project Foundation dari Nigeria yang menghentikan kemah kreatif dua tahunan mereka karena COVID-19. Kemah yang bertujuan mendorong transformasi sosial melalui para orang muda ini diubah menjadi perhelatan daring (online). Salah satu kreativitas yang dihasilkan adalah video Michael Uhene yang ngerap dan bernyanyi tentang cara mencegah penyebaran COVID-19. Karya ini kemudian dibagikan di media sosial.
  • Penciptaan kesadaran melalui upaya para Fasilitator Linking and Learning di Kenya, Tanzania, dan Nigeria, yang merencanakan penyelenggaraan pertemuan / webinar untuk memberikan informasi terbaru kepada mitra Voice tentang situasi Covid-19, dan mengeksplorasi cara-cara kreatif untuk mendukung pemegang hak yang paling terkena dampak.
  • Fuwavita di Tanzania membuat video untuk komunitas tuli dan hard-of-hearing, juga gambar-gambar tentang COVID-19, segera setelah pemerintah mengkonfirmasi kehadiran COVID-19 di negara tersebut.

Kami ingin mempelajari apa yang akan Anda lakukan.

Solidaritas kami,

Tim Voice