Diterjemahkan dari Important message- COVID 19

Kepada Keluarga Voice,

Beberapa minggu belakangan, Tim Koordinasi dan Tim Negara terus memonitor informasi tentang novel coronavirus (COVID-19). Di dunia, lebih dari 170,000 orang dari 158 negara terinfeksi; Anda bisa melihat peta ini untuk menemukan kabar yang terus diperbarui). Pemerintah, otoritas kesehatan, organisasi, dan individu telah menyikapi situasi ini dengan membatalkan acara-acara berskala besar, mengarahkan setiap orang bekerja dari rumah, dan menutup akses keluar masuk (lockdown) di wilayah masing-masing. Kami memikirkan bagaimana situasi ini mempengaruhi dan berdampak pada pekerjaan kita. Seiring pernyataan World Health Organisation (WHO) tentang pandemi global, kami ingin menjangkau Anda dan menegaskan: Keselamatan dan kesejahteraan Anda dan komunitas menjadi prioritas kami.

Voice ingin mendengar bagaimana situasi ini mempengaruhi Anda, dan kami paham ada kebutuhan lebih menyesuaikan diri. Merencanakan acara, pertemuan, dan perjalanan ke lokasi pelaksanaan proyek harus dibatalkan atau sedikitnya ditunda. Kantor-kantor harus ditutup sementara, karena banyak pekerja yang harus merawat anak-anak yang sekolahnya juga tutup. Kami menyadari bagaimana situasi ini bisa memunculkan kebutuhan tambahan biaya, menunda jadwal pelaksanaan proyek atau pengiriman laporan naratif dan keuangan. Dampaknya mungkin lebih tinggi dirasakan oleh organisasi kecil yang tidak punya banyak sumber daya (yang fleksibel). Jangan ragu menghubungi Tim Voice di negara Anda jika ada anggota organisasi Anda yang membutuhkan dukungan darurat. Kami membuka diri untuk berbagai pemikiran kreatif untuk merancang solusi dan dukungan bagi komunitas.

Berikut beberapa bacaan yang bisa Anda rujuk:

Voice mendukung organisasi dan kelompok di lebih dari 10 negara yang berada di 3 benua. Sehingga, konteks tiap Tim Voice akan berbeda. Beberapa kantor Oxfam dan Hivos telah melakukan beberapa hal berikut:

  • Staf yang merasa kurang sehat bisa bekerja dari rumah atau mengambil cuti sakit;
  • Pertemuan tatap muka langsung yang melibatkan banyak partisipan telah dibatalkan, ditunda, atau diubah menjadi pertemuan virtual, salah satunya Indaba Voice Global tahun 2020.
  • Perjalanan dibatasi dan pertimbangannya harus melalui persetujuan Direktur regional/negara.

Anda perlu memutuskan hal yang terbaik bagi organisasi dan komunitas. Proses administratif dan keuangan akan terus berjalan dari sisi kami. Mohon bersabar jika ada penundaan atau perpanjangan dalam proses. Mengingat situasi akan terus berubah, kami akan terus mengabari Anda.

Terima kasih untuk upaya Anda yang tak pernah surut dalam mewujudkan masyarakat dan responsif dan inklusif.

Solidaritas kami,

Tim Voice